Rss Feed

BAB 9 ALAT PENGUMPUL DATA



A.    MENGENAL ALAT PENGUMPUL DATA
Untuk memperoleh data seorang peneliti menggunakan instrument untuk mengumpulkan data. Kedudukan suatu skala/instrument pengumpul data dalam proses penelitian sangat penting karena kondisi data tergantung alat (instrumen) yang dibuat.
1.      Angket.
Merupakan daftar pertanyaan yang diberikan kepada orang lain dengan maksud agar orang yang diberi angket bersedia member respons sesuai dengan permintaan. Angket ada tiga bagian yaitu angket tertutup, angket terbuka dan angket campuran.
2.      Daftar cocok (check list)
Dalam pengisiannya responden hanya memberi tanda cek Patau O, dikolom yang telah disediakan.
3.      Skala
Instrumen pengumpul data yang bentuknya hamper sama dengan daftar cocok atau angket model tertutup, namun alternative jawabannya merupakan perjenjangan.


B.     TEKNIK OBSERVASI
Observasi merupakan aktifitas pencatatan fenomena yang dilakukan secara sistematis dan dapat dilakukan secara partisipatif ataupun nonpartisipatif. Ada  empat pola yang dapat dilakukan, yaitu :
1.      Pengamatan secara lengkap
Pengamat (observer) menjadi anggota masyarakat yang diamati secara penuh. Peneliti akan memperoleh informasi sedetail mungkin.
2.      Pemeran serta sebagai pengamat
Peneliti tidak sepenuhnya sebagai pemeran namun masih tetap melaksanakan proses pengamatan. Kelemahan proses ini subjek yang diamati akan membatasi diri sehingga informasi rahasia sulit didapat secara baik.
3.      Pengamatan sebagai pemeran serta
Peranan pengamat secara terbuka diketahui oleh subjek, bahkan mungkin pula pengamat didukung oleh subjek.
4.      Pengamatan penuh
Peneliti dengan bebas melaksanakan proses pengamatan tanpa diketahui oleh subjek yang diamatinya.

Observasi kerap ditanyakan sisi validitas dan reliabilitasnya. Persoalan validitas yang harus dilakukan peneliti :
·         Menggunakan tim atau bekerja sama dengan peneliti lain dalam melakukan pengamatan.
·         Selalu mengkaji ulang hasil pengamatan yang diperolehnya.
·         Memaparkan data hasil observasi dengan bahasa yang jelas
·         Selalu mengedepankan data actual, onjektif, dan sesuai konteks penelitian
Pencapaian reliabilitas yang harus dilakukan :
o   Melakukan pengamatan secara sistematis
o   Melakukan pengamatan secara berulang untuk objek yang sama
o   Melakukan kombinasi pengamatan dalam situasi yang berbeda sehingga diperoleh akumulasi pemahaman seakuratnya tentang objek yang diamati.

C.    TEKNIK WAWANCARA
Dalam melakukan teknik wawancara terhadap informan, hendaklah melingkupi (apa,siapa,kapan,dimana,mengapa, dan bagaimana). Dalam proses penelitian dilapangan pertanyaan-pertanyaan tersebut bersifat fleksibel dan seharusnya dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peneliti.


1.      Etika Wawancara
Etika yang harus dipenuhi oleh seorang peneliti kualitatif saat melakukan wawancara antara lain ; Memberi tahu topik penelitian, Melindungi identitas subjek, Menghormati Hal-hal yang dianggap “tabu”, Memahami bahasa dan budaya informan, Gunakan penerjemah, Informan sebagai pemandu peneliti, Memerhatikan penampilan diri, Tidak menjelaskan secara detail kepada informan, tidak mengalihkan focus pembicaraan, Harus bersikap netral, memosisikan informan sebagai yang paling tahu, ikuti pandangan dan pemikiran informan.

2.      Jenis wawancara
Wawancara ada beberapa macam :
a.       Wawancara terstruktur
b.      Wawancara tidak tertruktur
c.       Wawancara kelompok
d.      Wawancara bergender
e.       Wawancara berbingkai
f.       Wawancara Interpreting

D.    FOKUS GRUP DISCUSSION
GGD dirancang untuk melakukan pengumpulan data menggunakan sebuah forum diskusi dengan tema-tema yang telah dipersiapkan sejak awal oleh peneliti. Tujuannya untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang satu tema yang dijadikan fokus penelitian.
E.     HUMAN INSTRUMENT
Human Instrument  yang berarti dalam penelitian kualitatif si peneliti sendiri yang bertindak selaku instrument penelitian. Kelemahan metode ini adalah peneliti tidak dapat berada pada dua situasi berbeda, terlebih jika situasi tersebut sangat penting bagi penelitian yang sedang dilaksaakan.

0 comments:

Post a Comment